Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau lebih dikenal dengan sebutan
Habib Ali Bungur. Beliau merupakan rantai jaringan Ulama Betawi sampai
sekarang ini. Beliau memiliki jasa yang sangat besar dalam menorehkan
jejak langkah dakwah dikalangan masyarakat Betawi. Beliau menjadi
rujukan umat di zamannya, Al-Habib Salim bin Jindan mengatakan bahwa
Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas dan Al-Habib Ali Kwitang bagaikan
kedua bola matanya, dikarekan keluasan khazanah keilmuan kedua habib
itu. Silsilah
beliau adalah : Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin
Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al-Habib
Umar bin Abdurrahman Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin
Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin
Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammmad Sahib Mirbath bin
Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin ‘Ubaidillah bin
Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidhi bin
Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal Abidin bin Husein
bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wasalam. Beliau
lahir di Huraidhah, Hadramaut, pada tanggal 1 Muharram 1309 H,
bertepatan dengan 1889 M. semenjak usia 6 tahun beliau belajar berbagai
ilmu keislaman pada para ulama dan auliya yang hidup di Hadramaut saat
itu, sebagaimana jejak langkah generasi pendahulunya, seelah mendalami
agama yang cukup di Hadramaut, pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah
suci unuk menunaikan haji serrta berziarah ke makam datuknya Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wasalam di Madinah. Disana beliau menetap di Makkah.
Hari-hari beliau dipergunakan untuk menimba ilmu kepada para ulama yang
berada di Hijaz. Setelah 4 tahun (tak banyak sejarawan yang menulis
bagaimana perjalanan beliau hingga kemudian tiba di Jakarta) setelah
menetap di Jakarta, beliau berguru kepada para ulama yang berada di
tanah air,diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas
(Empang-Bogor), Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
(Pekalongan) dan Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya),
Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso).
Di
daerah Cikini beliau tinggal, sebuah kampung yang masyarakatnya hidup
dibawah gais kemiskinan. Beliau tinggall bersama-sama rakyat jelata.
Setiap orang mengenal Habib Ali, pasti akan berkata “hidupnya
sederhana,tawadhu’,teguh memegang prinsip, menolak pengkultusan manusia,
berani membela kebenaran, luas dalam pemikiran, mendalam di bidang ilmu
pengetahuan, tidak membeda-bedakan yang kaya dan yang miskin, mendorong
terbentuknya Negara Indonesia yang bersatu, utuh serta berdaulat, tidak
segan-segan menegur para pejabat yang mendatanginya dan selalu
menyampaikan agar jurang antara pemimpin dan rakyat dihilangkan, rakyat
mesti dicintai,”hal inilah yang menyebabkan rakyat mencintai Al-Habib
Ali bin Husein Al-Attas, beliau tidak pernah menadah tangannya kepada
orang-orang kaya harta, sebab beliau memiliki kekayaan hati, beliau
tidak mau menengadahkan tangannyadibawah, kecuali hanya memohon kepada
Rabbul ‘Alamin. Beliau memiliki ketawakalan yang tinggi kepada Allah
azza wa jalla. Beliau selalu mengorbankan semangat anti penjajah dengan
membawakan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi
wasalam yang menganjurkan melawan penjajah. “Penjajah adalah penindas,
kafir dan wajib diperangi” begitulah yang sering beliau ucapkan. Beliau
tergolong pejuang yang anti komunis. Pada masa pemberontakan PKI, beliau
selalu mengatakan bahwa “PKI dan komunis akan lenyap dari bumi
Indonesia dan rakyat akan selalu melawan kekuatan atheis. Ini berkah
perjuangan para ulama dan auliya yang jasadnya bertebaran di seluruh
nusantara”. Semasa
hidupnya beliau tidak pernah berhenti dan tak kenal lelah dalam
berdakwah. Salah satu karya terbesar beliau adalah kitab Tajul A’ras fi
Manaqib Al-Qutub Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Attas, sebuah kitab
sejarah para ulama Hadramaut yang pernah beliau jumpai, dari masa
penjajahan Inggris di Hadramaut, sehingga sekilas perjalanan para ulama
Hadramaut di Indonesia. Buku itu juga berisi tentang beberapa kandungan
ilmu tasawuf dan Thariqah Alawiyah. Semasa hidupnya beliau selalu
berjuang membela umat, kesederhanaan
serta istiqomahnya dalam mempraktekkan ajaran islam dalam kehidupan
sehari-hari menjadi taulan yang baik bagi umat. Beliau selalu
mengajarkan dan mempraktekkan bahwa islam mengajak umat dari kegelapan
pada cahaya yang terang, membawa dari taraf kemiskinan kepada taraf
keadilan dan kemakmuran dan beliau pun wafat pada tanggal 16 Februari
1976, jam 06:10 pagi dam usia 88 tahun dan beliau dimakamkan di
pemakaman Al-Hawi, condet Jakarta timur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN KUNJUNGAN ANDA